DSC_8358

Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan sikap atau  jiwa wirausaha (entrepreneurship) berbasis Ipteks  kepada para mahasiswa agar dapat mengubah pola pikir (mindset) dari pencari kerja (job seeker) menjadi pencipta lapangan pekerjaan (job creator) serta menjadi calon/pengusaha yang tangguh dan sukses menghadapi persaingan global. Program ini juga bertujuan mendorong kelembagaan atau unit kewirausahaan di perguruan tinggi agar dapat mendukung pengembangan program-program kewirausahaan. Sebagai hasil akhir, diharapkan terjadinya penurunan angka pengangguran lulusan pendidikan tinggi.

DSC_8324Menjawab hal tersebut Universitas Muhammadiyah Riau melalui Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LPPM) telah melaksanakan program PMW dimulai dari tahun 2013. Diharapkan dengan adanya program ini bisa membantu mewujudkan cita-cita kampus UMRI sebagai kampus technopreneur. Pada pembekalan awal yang dilaksanakan pada hari minggu 15 Mei 2016 bapak Mizan Asnawi SE, M.Ec.Dev selaku Koordinator PMW UMRI 2016 mengatakan bahwa program KKN-PPM merupakan titik awal bagi mahasiswa yang akan memulai usaha. Dalam pemaparannya beliau juga menyampaikan bahwa PMW ini merupakan program yang bisa mengurangi pengangguran ketika mahasiswa telah menyelesaikan studinya di UMRI. Dalam kesempatan itu beliau juga menyampaikan bahwa wisuda yang dilakukan oleh pihak universitas merupakan mesin pencetak pengangguran bagi Indonesia.

Pelaksanaan program PMW ini akan berjalan selama kurang lebih 5 bulan. Dimulai dari bulan juli sampai November 2016 dan akan ditutup dengan sebuah acara UMRI Enterpreneur Award (UEA). UEA merupakan ajang untuk memilih peserta terbaik dari beberapa nominasi yang sudah dipilih oleh panitia berdasarkan ketentuan yang ada.DSC_8365