workshop_lp2mKamis (7-1-2016) Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) menyelenggarakan workshop Pengabdian kepada Masyarakat yang diselenggarakan di aula kampus 1 UMRI jalan KH. Ahmad Dahlan No.88 pekanbaru. Dengan mengusung tema “strategi penulisan proposal pengabdian kepada masyarakat yang kreatif, inovatif dan bermutu”, diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan animo dosen untuk melakukan kegiatan pengabdian kepada masayarakat sebagai salah satu tugas utama sebagai dosen. Acara ini juga mengkampanyekan care dan emphaty dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat sehingga kesan serius dalam mengelola dan membantu mencari jalan keluar bagi permasalahan yang ada di masyarakat tidak hanya menjadi harapan palsu dimata masyarakat.

Workshop yang menghadirkan bapak Padil ST, MT selaku pembicara yang merupakan reviewer pengabdian masyarakat dari DIKTI mengupas bagaimana penulisan proposal pengabdian masyarakat yang sesuai dengan standar DIKTI. Diharapkan dengan penulisan yang sesuai maka proposal pengabdian yang diajukan akan mendapatkan dana hibah dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat DIKTI. Dana ini nantinya akan digunakan untuk mengadakan kegiatan yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat tempat dimana pengabdian dilaksanakan.

Pengabdian masyarakat merupakan salah satu inti dari tridharma perguruan tinggi yang menjadi sebuah jembatan untuk menghubungkan antara pihak akademisi dengan masyarakat. Pihak akademisi melalui kegiatan ini bisa mengaktualisasikan keilmuan yang ada sehingga bisa lebih bermanfaat dan berdayaguna bagi kehidupan masyarakat. Sedangkan bagi pihak masyarakat, dengan adanya kegiatan pengabdian ini maka beberapa permasalahan yang terjadi di masyarakat bisa dicarikan solusinya.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) selaku pihak penyelenggara kegiatan ketika dikonfirmasi melalui bapak Muhammad Ridha Fauzi, ST, MT sebagai ketua, memastikan bahwa kegiatan yang seperti ini nantinya akan senantiasa terus dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan para dosen dilingkungan Universitas Muhammadiyah Riau dalam melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu dengan banyaknya kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan maka diharapkan dapat memperkokoh eksistensi Universitas Muhammadiyah Riau sebagai lembaga pendidikan tinggi yang ikut berpartisipasi dan berperan aktif dalam memajukan masyarakat di daerah Riau khususnya dan Indonesia pada umumnya. Menurut panitia pelaksana bapak Doni Winarso, S.Kom, M.Kom dan Ibu Israwati Harahap, S.Si, M.Si bahwa para peserta workshop sangat antusias dengan penyampaian materi nara sumber dan semakin paham dengan trik penulisan proposalnya.